Informasi Umum D3, D4, & S1 Reguler Khusus (Kelas Karyawan) Semester Genap TA 2024/2025

Daftar Informasi

Persyaratan Peserta

Syarat umum

  1. SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri.
  2. Lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
  4. Memiliki Surat Keterangan Sedang Bekerja di Perusahaan atau Instansi.

Syarat khusus Mahasiswa Pindahan

  1. Mengisi formulir pendaftaran online, setelah itu melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila (info lebih lanjut, hubungi prodi tujuan).
  2. Perguruan Tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Untuk info Perguruan Tinggi yang Terdaftar di PDPT silahkan klik disini .
  3. Memiliki Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi asal.

Alur Pendaftaran

Petunjuk Pembayaran

Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Genap 2024/2025

Perkuliahan dimulai Maret 2025

Gelombang
Pendaftaran Online
Jadwal Seleksi
I
1 November 2024 - 30 Desember 2024
  • Sabtu, 2 November 2024
  • Sabtu, 9 November 2024
  • Sabtu, 16 November 2024
  • Sabtu, 23 November 2024
  • Sabtu, 30 November 2024
  • Rabu, 4 Desember 2024
  • Sabtu, 7 Desember 2024
  • Minggu, 8 Desember 2024
  • Rabu, 11 Desember 2024
  • Sabtu, 14 Desember 2024
  • Minggu, 15 Desember 2024
  • Rabu, 18 Desember 2024
  • Sabtu, 21 Desember 2024
  • Minggu, 22 Desember 2024
II
31 Desember 2024 - 30 Januari 2025
SETIAP HARI
III
31 Januari 2025 - 27 Februari 2025
SETIAP HARI

Program Studi

Fakultas
Nama Prodi
Persyaratan
EKONOMI DAN BISNIS
S1 MANAJEMEN
S1 AKUNTANSI
D3 AKUNTANSI
D3 PERPAJAKAN
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
  • D3 Lanjutan
  • Pindahan
TEKNIK
S1 ARSITEKTUR
S1 TEKNIK SIPIL
S1 TEKNIK MESIN
S1 TEKNIK INDUSTRI
S1 TEKNIK INFORMATIKA
S1 TEKNIK ELEKTRO
S1 TEKNIK PERKERETAAPIAN
  • D3 Lanjutan
  • Pindahan
KOMUNIKASI
S1 ILMU KOMUNIKASI
  • D3 Lanjutan
  • Pindahan
PARIWISATA
S1 PARIWISATA
D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
  • D3 Lanjutan
  • Pindahan

Materi Tes

No
Fakultas
Materi Tes
1
Ekonomi dan Bisnis
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Ilmu Ekonomi
2
Teknik
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Menggambar (Khusus Prodi Arsitektur)
3
Komunikasi
  • Tes Potesi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
4
Pariwisata
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris

Persyaratan Daftar Ulang

Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program Reguler yaitu,

Untuk cara lebih detail silahkan klik link berikut Tata Cara Pendaftaran

Memilih metode pembayaran dan cetak nomor billing dengan cara :

  1. Buka web http://pmb.univpancasila.ac.id Lalu Login.
  2. Pada menu PENDAFTARAN, pada data pendaftaran yang diikuti, klik DETAIL lalu pilih VIEW
  3. Pilih ‘CETAK’ pada Program Studi yang dipilih
  4. Kemudian, klik tombol PILIH PEMBAYARAN
  5. Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan skema pembayaran. Silahkan lengkapi setiap pilihan yang tersedia mulai dari PILIH PRODI dan JENIS PEMBAYARAN, kemudian tekan SUBMIT
  6. Kemudian, tampilan akan kembali ke halaman Detail Pendaftaran, pada kolom Detail Pendaftaran, Calon Mahasiswa Baru dapat mencetak Kartu Pembayaran dengan menekan tombol PRINT KARTU PEMBAYARAN.
  7. Silahkan membayar uang kuliah SMT 1 sesuai Bank dan tanggal yang tertera pada billingnya
  8. Cek Status Pembayaran, jika sudah ceklis biru artinya sudah diverfiikasi oleh Keuangan UP.
  9. Menyiapkan & Menyerahkan Berkas-berkas Registrasi paling lambat 1 (satu) minggu setelah melakukan Pembayaran Semester 1 :
    1. Mengisi Sistem Informasi Mahasiswa (SIM), klik link yang tersedia, isi data secara lengkap dan klik Simpan.>
    2. Print Sistem Aktifitas Mahasiswa (SAM), klik link yang tersedia, isi Formnya jika ada yang diminati.
    3. Print Surat Pernyataan, klik link yang tersedia, isi Surat Pernyaan tersebut dan ditanda tangani.
    4. Print Bukti Lulus/diterima di Universitas Pancasila, lihat akun pendaftaran masing-masing.
    5. Upload KTP.
    6. Upload Kartu Keluarga.
    7. Upload Ijazah, Jika Ijazah belum ada bisa menyusul.
    8. Upload Surat Keterangan Bebas Narkoba, yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    9. Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Program Studi Arsitektur), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    10. Upload Pas foto Berwarna – Pakaian Kemeja
    11. Pengambilan Jaket Alamater setelah upload pemberkasan dan paling lambat tanggal 28 Februari 2025. 
    1. Jika proses Registrasi/Daftar Ulang sudah selesai, selanjutnya adalah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).
  1.  

Uang Kuliah Program Reguler Khusus