Daftar Informasi
Persyaratan Peserta
Syarat umum
- SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri.
- Lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
- Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
- Memiliki Surat Keterangan Sedang Bekerja di Perusahaan atau Instansi.
Syarat khusus Mahasiswa Pindahan
- Mengisi formulir pendaftaran online, setelah itu melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila (info lebih lanjut, hubungi prodi tujuan).
- Perguruan Tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Untuk info Perguruan Tinggi yang Terdaftar di PDPT silahkan klik disini .
- Memiliki Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi asal.
Alur Pendaftaran
Petunjuk Pembayaran
Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Gasal 2025/2026
Perkuliahan dimulai September 2025 (Reguler & Reguler Khusus)
Gelombang | Pendaftaran Online | Jadwal Seleksi |
I | 1 November 2024 - 14 Februari 2025 |
|
II | 15 Februari 2025 - 25 April 2025 |
|
III | 26 April 2025 - 28 Juni 2025 |
|
IV | 29 Juni 2025- 31 Agustus 2025 | SETIAP HARI |
Program Studi
Fakultas | Nama Prodi | Persyaratan Lulusan SMA/SMK/MA |
EKONOMI DAN BISNIS | S1 MANAJEMEN S1 AKUNTANSI D3 AKUNTANSI D3 PERPAJAKAN |
|
HUKUM | S1 HUKUM |
|
TEKNIK | S1 ARSITEKTUR S1 TEKNIK SIPIL S1 TEKNIK MESIN S1 TEKNIK INDUSTRI S1 TEKNIK INFORMATIKA S1 TEKNIK ELEKTRO S1 TEKNIK PERKERETAAPIAN D3 TEKNIK MESIN D3 TEKNIK ELEKTRO |
|
KOMUNIKASI | S1 ILMU KOMUNIKASI |
|
FARMASI | D3 FARMASI |
|
PARIWISATA | S1 PARIWISATA D4 PENGELOLAAN KONVENSI DAN ACARA |
|
PSIKOLOGI | S1 PSIKOLOGI |
|
Materi Tes
No | Fakultas | Materi Tes |
1 | Ekonomi dan Bisnis |
|
2 | Farmasi |
|
3 | Hukum |
|
4 | Teknik |
|
5 | Psikologi |
|
6 | Ilmu Komunikasi |
|
7 | Pariwisata |
|
Persyaratan Daftar Ulang
Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program Reguler yaitu,
Untuk cara lebih detail silahkan klik link berikut Tata Cara Pendaftaran
Memilih metode pembayaran dan cetak nomor billing dengan cara :
- Buka web http://pmb.univpancasila.ac.id Lalu Login.
- Pada menu PENDAFTARAN, pada data pendaftaran yang diikuti, klik DETAIL lalu pilih VIEW
- Pilih ‘CETAK’ pada Program Studi yang dipilih
- Kemudian, klik tombol PILIH PEMBAYARAN
- Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan skema pembayaran. Silahkan lengkapi setiap pilihan yang tersedia mulai dari PILIH PRODI dan JENIS PEMBAYARAN, kemudian tekan SUBMIT
- Kemudian, tampilan akan kembali ke halaman Detail Pendaftaran, pada kolom Detail Pendaftaran, Calon Mahasiswa Baru dapat mencetak Kartu Pembayaran dengan menekan tombol PRINT KARTU PEMBAYARAN.
- Silahkan membayar uang kuliah SMT 1 sesuai Bank dan tanggal yang tertera pada billingnya
- Upload Dokumen Registrasi paling lambat 1 (satu) minggu setelah melakukan Pembayaran Semester 1 :
- Mengisi Sistem Informasi Mahasiswa (SIM), klik link yang tersedia, isi data secara lengkap dan klik Simpan.
- Print dan Isi Dokumen Sistem Aktifitas Mahasiswa (SAM) lalu di upload pada menu yang tersedia.
- Print dan isi dokumen Surat Pernyataan lalu upload pada menu yang tersedia
- Upload Fotocopy KTP.
- Upload Fotocopy Kartu Keluarga.
- Upload Fotocopy Ijazah, Jika Ijazah belum ada bisa menyusul.
- Upload Surat Keterangan Bebas Narkoba, yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
- Upload Surat Keterangan Sehat (Khusus Fakultas Psiokologi), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik
- Upload Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Khusus Fakultas Farmasi dan Program Studi Arsitektur), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
- Upload Pas foto Berwarna â Pakaian Kemeja
NOTED: Pengambilan Jaket Almamater paling lambat tanggal 31 Agustus 2025. Jika proses Registrasi / Daftar Ulang sudah selesai, selanjutnya adalah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).