Informasi Umum D3, D4, & S1 Reguler Khusus (Kelas Karyawan) Semester Gasal TA 2025/2026

Daftar Informasi

Persyaratan Peserta

Syarat umum

  1. SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri.
  2. Lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
  4. Memiliki Surat Keterangan Sedang Bekerja di Perusahaan atau Instansi.

Syarat khusus Mahasiswa Pindahan

  1. Mengisi formulir pendaftaran online, setelah itu melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila (info lebih lanjut, hubungi prodi tujuan).
  2. Perguruan Tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Untuk info Perguruan Tinggi yang Terdaftar di PDPT silahkan klik disini .
  3. Memiliki Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi asal.

Alur Pendaftaran

Petunjuk Pembayaran

Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Gasal 2025/2026

Perkuliahan dimulai September 2025 (Reguler & Reguler Khusus)

Gelombang
Pendaftaran Online
Jadwal Seleksi
I
1 November 2024 - 14 Februari 2025
  • Sabtu, 7 Desember 2024
  • Sabtu, 21 Desember 2024
  • Sabtu, 4 Januari 2025
  • Sabtu, 18 Januari 2025
  • Sabtu, 1 Februari 2025
  • Sabtu, 15 Februari 2025
II
15 Februari 2025 - 25 April 2025
  • Sabtu, 1 Maret 2025
  • Sabtu, 8 Maret 2025
  • Sabtu, 15 Maret 2025
  • Sabtu, 22 Maret 2025
  • Sabtu, 12 April 2025
  • Sabtu, 19 April 2025
  • Sabtu, 26 April 2025
III
26 April 2025 - 28 Juni 2025
  • Rabu, 7 Mei 2025
  • Sabtu, 10 Mei 2025
  • Minggu, 11 Mei 2025
  • Rabu, 14 Mei 2025
  • Sabtu, 17 Mei 2025
  • Minggu, 18 Mei 2025
  • Rabu, 21 Mei 2025
  • Sabtu, 24 Mei 2025
  • Minggu, 25 Mei 2025
  • Rabu, 28 Mei 2025
  • Sabtu, 31 Mei 2025
  • Minggu, 1 Juni 2025
  • Rabu, 4 Juni 2025
  • Minggu, 8 Juni 2025
  • Rabu, 11 Juni 2025
  • Sabtu, 14 Juni 2025
  • Minggu, 15 Juni 2025
  • Rabu, 18 Juni 2025
  • Sabtu, 21 Juni 2025
  • Minggu, 22 Juni 2025
  • Rabu, 25 Juni 2025
  • Sabtu, 28 Juni 2025
  • Minggu, 29 Juni 2025
IV
29 Juni 2025- 31 Agustus 2025
SETIAP HARI

Program Studi

Fakultas
Nama Prodi
Persyaratan Lulusan SMA/SMK/MA
EKONOMI DAN BISNIS
S1 MANAJEMEN
S1 AKUNTANSI
D3 AKUNTANSI
D3 PERPAJAKAN
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
  • Asal D3
  • Pindahan
HUKUM
S1 HUKUM
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
TEKNIK
S1 ARSITEKTUR
S1 TEKNIK SIPIL
S1 TEKNIK MESIN
S1 TEKNIK INDUSTRI
S1 TEKNIK INFORMATIKA
S1 TEKNIK ELEKTRO
S1 TEKNIK PERKERETAAPIAN
D3 TEKNIK MESIN
D3 TEKNIK ELEKTRO
  • SMK (sesuai jurusan)
  • SMA (IPA), IPS (untuk jurusan Arsitektur, Teknik Industri, dan Teknik Informatika, Teknik Perkeretaapian)
  • Asal D3
  • Pindahan
KOMUNIKASI
S1 ILMU KOMUNIKASI
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
  • Asal D3
  • Pindahan
FARMASI
D3 FARMASI
  • SMA/MA (IPA)
  • Sekolah Analisis Kimia (SAK)
  • SMF
PARIWISATA
S1 PARIWISATA
D4 PENGELOLAAN KONVENSI DAN ACARA
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
  • Asal D3
  • Pindahan
PSIKOLOGI
S1 PSIKOLOGI
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
  • Pindahan

Materi Tes

No
Fakultas
Materi Tes
1
Ekonomi dan Bisnis
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Ilmu Ekonomi
2
Farmasi
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Kimia dan Biologi
  • Wawancara
3
Hukum
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
4
Teknik
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Menggambar (Khusus Prodi Arsitektur)
5
Psikologi
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Wajib Mengisi Kuisioner
6
Ilmu Komunikasi
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Wawancara
7
Pariwisata
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris

Persyaratan Daftar Ulang

Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program Reguler yaitu,

Untuk cara lebih detail silahkan klik link berikut Tata Cara Pendaftaran

Memilih metode pembayaran dan cetak nomor billing dengan cara :

  1. Buka web http://pmb.univpancasila.ac.id Lalu Login.
  2. Pada menu PENDAFTARAN, pada data pendaftaran yang diikuti, klik DETAIL lalu pilih VIEW
  3. Pilih ‘CETAK’ pada Program Studi yang dipilih
  4. Kemudian, klik tombol PILIH PEMBAYARAN
  5. Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan skema pembayaran. Silahkan lengkapi setiap pilihan yang tersedia mulai dari PILIH PRODI dan JENIS PEMBAYARAN, kemudian tekan SUBMIT
  6. Kemudian, tampilan akan kembali ke halaman Detail Pendaftaran, pada kolom Detail Pendaftaran, Calon Mahasiswa Baru dapat mencetak Kartu Pembayaran dengan menekan tombol PRINT KARTU PEMBAYARAN.
  7. Silahkan membayar uang kuliah SMT 1 sesuai Bank dan tanggal yang tertera pada billingnya
  8. Upload Dokumen Registrasi paling lambat 1 (satu) minggu setelah melakukan Pembayaran Semester 1 :
    1. Mengisi Sistem Informasi Mahasiswa (SIM), klik link yang tersedia, isi data secara lengkap dan klik Simpan.
    2. Print dan Isi Dokumen Sistem Aktifitas Mahasiswa (SAM) lalu di upload pada menu yang tersedia.
    3. Print dan isi dokumen Surat Pernyataan lalu upload pada menu yang tersedia
    4. Upload Fotocopy KTP.
    5. Upload Fotocopy Kartu Keluarga.
    6. Upload Fotocopy Ijazah, Jika Ijazah belum ada bisa menyusul.
    7. Upload Surat Keterangan Bebas Narkoba, yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    8. Upload Surat Keterangan Sehat (Khusus Fakultas Psiokologi), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik
    9. Upload Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Khusus Fakultas Farmasi dan Program Studi Arsitektur), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    10. Upload Pas foto Berwarna – Pakaian Kemeja

NOTED: Pengambilan Jaket Almamater paling lambat tanggal 31 Agustus 2025. Jika proses Registrasi / Daftar Ulang sudah selesai, selanjutnya adalah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).